Sabtu, 21 Juni 2014

TOKO SINAR BARU



PROPOSAL

TUGAS MATA KULIAH PENGANTAR MANAJEMEN BISNIS

JUDUL TUGAS 


TOKO SINAR BARU
(MENJUAL: ANEKA SEPATU)



DISUSUN OLEH:

 MOH. RIFAI (13-26-201-081)
NAWANG ADI PRAYOGA (13-26-201-084)

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TANGERANG
FAKULTAS TEKNIK
PROGRAM STUDI TEKNIK INDUSTRI
2014
  


KATA PENGANTAR

1.      Ucapan terima kasih
a.         Tuhan Yang Maha Esa
Puji syukur kehadirat Allah SWT. Atas rahmat dan petunjuknyalah penulis dapat menyelesaikan proposal tugas mata kuliah pengantar manajemen bisnis
b.         Dosen pembimbing
Penulis ucapkan terimakasih kepada Bapak Masduki Asbari selaku dosen pembimbing yang telah mendidik dan membimbing saya dalam pembuatan proposal sehingga saya mampu untuk menyusunnya.
c.         Teman / Kerabat
Penulis ucapkan terimakasih kepada teman – teman yang telah memberikan bantuan dalam penyusunan proposal ini.
2.      Alasan memilih judul
a.         Latar belakang
Yang melatar belakangi penulis dalam memilih judul TOKO SINAR BARU  yang menjual aneka sepatu, karena penulis sangat tertarik untuk membuka usaha tersebut.
b.         Pengetahuan tentang usaha perdagangan
Usaha penjualan sepatu banyak diminati dan dibutuhkan oleh seluruh masyarakat dan usaha tersebut dapat memperoleh laba yang relative tinggi.
3.      Kritik dan daran
a.         Menerima kritik
Kritik yang membangun sangat penulis harapkan untuk penyempurnaan proposal ini.
b.         Menerima saran
Untuk membuka usaha yang mampu berkembang dan dapat menghasilkan keuntungan yang maksimal penulis menerima saran dengan baik.
c.         Menerima dukungan pembaca/investor
Dukungan dari semua pembaca proposal ini sangat diharapkan demi terwujudnya usaha tersebut.
DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR..................................................................................... i
DAFTAR ISI ...................................................................................................  ii
BAB  I  :  MERENCANAKAN KEBUTUHAN KEUANGAN
1.1     Kebutuhan Keuangan............................................................... 1
1.2     Lokasi .......................................................................................  1   
1.3     Persaingan ................................................................................ 2
1.4     Pemasaran................................................................................. 3
BAB  II   :  MEMULAI
2.1  Perkiraan Pendapatan................................................................ 5
2.1  Waktu Operasional.................................................................... 7
BAB III :MENGEMBANGKAN
3.1     Mengembangkan Produk / Jasa................................................. 8
3.2   Managemen Kualitas................................................................ 9
3.2   Managemen Resiko.................................................................. 10

BAB IV :  PENUTUP 
4.1.      Kesimpulan  ............................................................................. 11


BAB I
MERENCANAKAN KEBUTUHAN KEUANGAN

1.1.   Kebutuhan Keuangan
a.    Biaya Tetap
No.      Keterangan                                          Junlah Rp.
1.           Pembelian 2 unit etalase                         1.000.000
2.           Pembelian 3 unit rak pajang                   1.200.000
3.           Pembelian papan reklame                       300.000
4.           Pembelian meja pajang                           300.000
5.           Pembelian meja kasir                              300.000
6.           Pembelian barang dagangan                   6.000.000
b.         Biaya Operasional
No.      Keterangan                                          Jumlah Rp.
1.      Biaya sewa tempat                                    300.000
2.      Biaya transportasi                                     150.000
3.      Biaya keamanan dan kebersihan               150.000
4.      Biaya promosi                                           200.000
5.      Biaya listrik + telpon                                 100.000 +
          Total                                                900.000
1.2.   Lokasi
a.      Alamat Lengkap Usaha
Toko “SINAR BARU” menyediakan aneka sepatu, beralamatkan di Jalan Ir. Sutami No. 40 Pasar Kronjo Rt. 006002 Kec. Kronjo Kab. Tangerang Telp. (021) 59390289
b.         Beberapa Alasan Memilih Lokasi Usaha
1.      Lokasinya ramai dengan konsumen karena bertempat di pasar kronjo sehingga memungkinkan untuk memperoleh laba yang relatif besar,
2.      Lokasi usaha yang dipilih sangat memungkinkan untuk mendapatkan pelanggan/konsumen yang lebih banyak karena dekat dengan sarana pendidikan yaitu SDN 1 Kronjo dan SLTPN 1 Kronjo,
3.      Letaknya strategis karena adanya transfortasi/angkutan umum yang beroperasi sampai malam hari.
1.3.   Persaingan
a.       Harga
1.      Toko “SINAR BARU” memberikan potongan harga sebesar 20% untuk pelanggan setianya,
2.      Setiap pembelian diatas Rp. 150.000,00 untuk semua konsumen akan mendapatkan potongan sebesar 10%
3.      Setiap pembelian dua pasang sepatu merek apa saja berhak mendapatkan sebuah kaos kaki,
4.      Segera dapatkan sepatu khusus anak sekolah di serba Rp. 35.000,00
b.      Pelayanan
1.      Kecekatan dalam melayani konsumen / pelanggan yang berbelanja di toko kami
2.      Memberi salam kepada konsumen seperti mengucapkan ada yang bisa saya bantu
3.      Siap sedia membantu mencarikan produk yang sesuai dengan keinginan konsumen
4.      Ramah, perhatian dan bisa beriteraksi dengan para konsumen
5.      Dalam melayani konsumen sangat baik, sopan dan tidak lupa mengucapkan terima kasih setelah selesai melakukan transaksi jual beli.
c.       Kualitas
1.      Menata produk dengan baik dan rapih agar konsumen mudah menemukan produk yang dibutuhkan
2.      Barang daganga yang disediakan setiap hari dibersihkan agar kualitasnya tetap terjaga dengan baik
3.      Kualitas harga produk yang terjangkau dan hemat
4.      Kenyamanan dan kepuasan konsumen pada saat berbelanja di toko kami.
c.       Keistimewaan
1.      Apabila barang cacat / rusak bisa ditukar kembali dengan membawa kwitansinya
2.      Memberikan kemudahan dalam mencari produk yang diinginkan
3.      Menerima keluhan berupa saran dan kritik dari para konsumen
4.      Menerima pesanan barang baik secara langsung maupun lewat pesawat telpon
5.      Menjaga hubungan baik dengan para konsumen / pelanggan dengan memberikan potongan harga.
1.4.   Pemasaran
a.    Target konsumen berdasarkan pendapatannya digolongkan :
1.      >0 s/d 250.000
2.      >250.000 s/d 500.000
3.      >500.000 s/d 1.000.000
4.      >1.500.000 s/d 3.000.000
5.      >3.000.000
b.   Target konsumen berdasarkan usia digolongkan
1.      Balita < 5 th,
2.      Anak-anak 6 s/d 12 th,
3.      Remaja 13 s/d 19 th,
4.      Dewasa aktif/pasif 20 s/d 30 th,
5.      Dewasa mandiri 30 s/d 40 th,
6.      Dewasa mapan 41 s/d 50 th,
7.      Dewasa manula 51 th s/d seterusnya
c.       Jenis kelamin
  Untuk lebih menarik minat beli konsumen kami menyediakan produk untuk pria dan wanita dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan konsumen dan untuk memuaskan konsumen.
d.      Promosi
a.       Brosur
Dalam memperkenalkan produknya toko “ SINAR BARU” menyebarkan brosur-brosur keberbagai tempat diantaranya:
Ø  Ditempel pada transportasi / kendaraan-kendaraan umum umum
Ø  Ditempel di tempat yang mudah terlihat seperti pepohonan dan tiang-tiang listrik yang berada di jalan raya
Ø  Disebarkan di kawasan / daerah yang padat penduduknya
Ø  Ditempel di tempat-tempat yang ramai seperti di pasar-pasar dan di tempat hiburan
Ø  Disebarkan kepada orang-orang yang lewat di depan toko kami
b.      Sapanduk
Ø  Dipasang didepan toko sipenjual
Ø  Dipasang disekitar pasar
Ø  Dipasang disetiap pertigaan jalan raya
Ø  Ditempatkan disekitar sarana pendidikan
Ø  Ditempatkan diatas pohon yang mudah terlihat oleh masyarakat umum
c.       Kartu nama
Ø  Diberikan kepada konsumen yang berbelanja ditoko kami
Ø  Diberikan kepada orang-orang yang lewat disekitar depan tokko
Ø  Diberikan kepada orang-orang terdekat
  
                                      
   
BAB II
MEMULAI
2.1.   Perkiraan Pendapatan
a.    Perkiraan pendapatan tertinggi perbulan
Ø  Pembelian barang dagangan                                              Rp. 6.000.000
Ø  Laba yang diinginkan 25% X 6.000.000  = 1.500.000
Ø  Biaya operasional                                       = 900.000 -
Ø  Laba kotor                                                                         Rp.    600.000 +
Ø  Total pendapatan                                                               Rp. 6.600.000

b.   Perkiraan pendapatan menengah perbulan
Ø  Pembelian barang dagangan                                             Rp.  4.000.000
Ø  Laba yang diinginkan 25% X 4.000.000 = 1.000.000
Ø  Biaya operasional                                      =    900.000 -
Ø  Laba kotor                                                                         Rp.       100.000  +
Ø  Total pendapatan                                                              Rp.   4.100.000

c.    Perkiraan pendapatan terendah perbulan
Ø  Pembelian barang dagangan                                             Rp.   3.000.000
Ø  Laba yang diinginkan 25% X 3.000.000  =  850.000
Ø  Biaya operasoinal                                     =   900.000 -
Ø  Rugi                                                                                  Rp.  (- 150.000)  +
Ø  Total pendapatan                                                              Rp.   2.850.000




BAB III
MENGEMBANGKAN
3.1.   Mengembangkan Produk / Jasa
a.    Cara menangani keluhan pelanggan
1.      Menyediakan kotak saran / keluhan bagi konsumen,
2.      Mendengarkan dan menanggapi keluhan pelanggan, kemudian memberikan solusi yang terbaik,
3.      Memberikan pelayanan yang lebih baik lagi agar konsumen tidak merasa kecewa,
4.      Meminta maaf dan berusaha untuk memperbaiki jika ada kesalahan,
5.      Memperbaiki fasilitas yang ada dan menyediakan fasilitas yang belum ada.
b.   Cara mendapatkan pelanggan yang setia
1.      Melayani pembeli dengan baik karena pembeli adalah raja,
2.      Memberikan souvenir menarik kepada pelanggan di hari tertentu seperti di setiap hari raya,
3.      Dapat menjaga hubungan baik dengan para pelanggan dengan memberikan pelayanan yang terbaik pada semua konsumen,
4.      Dapat berkomunikasi dengan para pelanggan,
5.      Menerima pesanan barang baik secara langsung maupun lewat telepon.
c.    Cara menghadapi penurunan penjualan
1.      Mencari dan segera menyediakan produk baru yang sedang digemari oleh para konsumen,
2.      Menurunkan harga jual pada produk lama sebesar 20 %,
3.      Melakukan promosi secara menyeluruh,




3. 2. Managemen Resiko
a.       Lima langkah penanganan resiko
1.      Macam resiko      : Pasar ( Fluktuasi harga )
2.      Skala resiko         : Tinggi / sedang / rendah
3.      Metode resiko      : Mengontrol
4.      Keputusan resiko             : 30% / 20% / 10% dari keuntungan
5.      Mengulangi
1.      Macam resiko                  : Pasar ( sepinya pelanggan )
2.      Skala resiko                     : Tinggi / sedang / rendah
3.      Metode resiko                  : Mengontrol
4.      Keputusan resiko             : Mempersiapkan biaya-biaya operasional 3 bulan dimuka
v  Biaya Operasional
Ø  Biaya sewa tempat perbulan                           300.000
Ø  Biaya transportasi                                           150.000
Ø  Biaya keamanan dan kebersihan                     200.000
Ø  Biaya promosi                                                 200.000
Ø  Biaya listrik + telpon perbulan                       150.000 +
§    Total                                               1.000.000
Persiapan biaya operasional 3 bulan dimuka
à Rp. 1.000.000 X 3 bulan = Rp. 3.000.000
5.      Mengulangi

1.      Macam resiko                  : Murni ( bencana alam / manusia )
2.      Skala resiko                     : Terjadi / tidak
3.      Metode resiko                  : Membiayai
4.      Keputusan resiko             : Asuransi / tidak
5.      Mengulangi



3.3.   Managemen Asuransi
a.    Asuransi kesehatan
Ø  Asuransi kesehatan digunakan apabila mengalami gangguan kesehatan dan dapat dijadikan sebagai jaminan apabila membutuhkan dana cash yang cukup besar
Ø  Asuransi kesehatan dapat digunakan sebagai jaminan apabila gangguan kesehatan cukup serius dan harus dirawat inap di rumah sakit
b.   Asuransi kendaraan operasional
Ø  Dapat digunakan apabila terjadi kecelakaan
Ø  Dapat digunakan apabila terjadi pencurian
c.    Asuransi jiwa
Ø  Asuransi jiwa sangat penting dalam setiap usaha apabila terjadi kecelakaan dan menyebabkan kematian
Ø  Asuransi jiwa dapat digunakan apabila sipemilik asuransi tersebut meninggal dunia.
 
 
 
  
BAB IV
PENUTUP
Dari uraian proposal yang penulis ajukan tersebut dan setelah penulis meneliti dan memahami hasil kegiatan yang penulis lakukan, maka penulis dapat menarik kesimpulan bahwa :
1.      Untuk membuka suatu usaha perlu adanya pendanaan awal dan butuh investor untuk mengembangkan usahanya
2.      Sebelum membuka usaha seorang wirausaha harus dapat menyisihkan biaya operasional selama 3 bulan dimuka untuk mengantisipasi kerugian seperti dibawah ini:
Ø  Biaya operasional X 3 bulan = Rp. 900.000 X 3 bulan = Rp. 2.700.000
3.      Usaha yang penulis ajukan memiliki prosfek yang sangat bagus dan dapat menghasilkan laba sebesar Rp. 600.000,- setiap bulannya, di mana nilai tersebut didapat dari :
a.       Pembeliah harga barang dagangan                              Rp. 6.000.000
b.      Laba 25 % X 6.000.000  Rp. 1.500.000
c.       Biaya operasional             Rp. 900.000
d.      Total keuntungan                                                        Rp. 600.000
e.       Total pendapatan                                                        Rp. 6.600.000
Dari situ dapat kita lihat bahwa dalam membuka suatu usaha yang baik dan dapat bersaing, kita harus mempunyai perencanaan yang cukup matang agar usaha tersebut mampu berkembang dan dapat meningkatkan penjualan dan pendapatan.
Untuk prospek jangka pendek penulis mentargetkan usaha ini akan memperoleh pelanggan yang sebanyak-banyaknya dengan jumlah penghasilan sekitar Rp. 7.200.000 pertahun. Untuk prospek jangka menengah (3 tahun kedepan) penulis mentargetkan laba kotor sekitar Rp. 40.000.000,- dan dari penghasilan tersebut modal yang di keluarkan dapat ditutupi. Sedangkan untuk prospek jangka panjang (5 tahun kedepan) diperkirakan dapat membuka cabang baru.
Akhir kata semoga Allah SWT melimpahkan karunia dan membalas budi baik semua pihak yang terlibat dalam penyusunan proposal ini.Semoga proposal ini dapat bermanfaat bagi investor yang berminat khususnya dan masyarakat pembaca pada umumnya. Amiin



Tidak ada komentar:

Posting Komentar