PROPOSAL
TUGAS MATA KULIAH PENGANTAR MANAJEMEN BISNIS
JUDUL TUGAS
TOKO SINAR BARU
(MENJUAL: ANEKA SEPATU)
DISUSUN OLEH:
MOH. RIFAI (13-26-201-081)
NAWANG ADI PRAYOGA (13-26-201-084)
UNIVERSITAS
MUHAMMADIYAH TANGERANG
FAKULTAS TEKNIK
PROGRAM STUDI TEKNIK
INDUSTRI
2014
KATA PENGANTAR
1. Ucapan
terima kasih
a.
Tuhan Yang Maha Esa
Puji
syukur kehadirat Allah SWT. Atas rahmat dan petunjuknyalah penulis dapat
menyelesaikan proposal tugas mata kuliah pengantar manajemen bisnis
b.
Dosen pembimbing
Penulis
ucapkan terimakasih kepada Bapak Masduki Asbari selaku dosen pembimbing yang
telah mendidik dan membimbing saya dalam pembuatan proposal sehingga saya mampu
untuk menyusunnya.
c.
Teman / Kerabat
Penulis
ucapkan terimakasih kepada teman – teman yang telah memberikan bantuan dalam
penyusunan proposal ini.
2. Alasan
memilih judul
a.
Latar belakang
Yang
melatar belakangi penulis dalam memilih judul TOKO SINAR BARU yang menjual aneka sepatu, karena penulis sangat
tertarik untuk membuka usaha tersebut.
b.
Pengetahuan tentang
usaha perdagangan
Usaha
penjualan sepatu banyak diminati dan dibutuhkan oleh seluruh masyarakat dan
usaha tersebut dapat memperoleh laba yang relative tinggi.
3.
Kritik dan daran
a.
Menerima kritik
Kritik
yang membangun sangat penulis harapkan untuk penyempurnaan proposal ini.
b.
Menerima saran
Untuk
membuka usaha yang mampu berkembang dan dapat menghasilkan keuntungan yang
maksimal penulis menerima saran dengan baik.
c.
Menerima dukungan pembaca/investor
Dukungan
dari semua pembaca proposal ini sangat diharapkan demi terwujudnya usaha
tersebut.
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR.....................................................................................
i
DAFTAR ISI
................................................................................................... ii
BAB I
: MERENCANAKAN KEBUTUHAN KEUANGAN
1.1 Kebutuhan Keuangan...............................................................
1
1.2 Lokasi ....................................................................................... 1
1.3 Persaingan ................................................................................ 2
1.4 Pemasaran................................................................................. 3
BAB II
: MEMULAI
2.1 Perkiraan
Pendapatan................................................................
5
2.1 Waktu Operasional.................................................................... 7
BAB III :MENGEMBANGKAN
3.1 Mengembangkan Produk / Jasa.................................................
8
3.2 Managemen
Kualitas................................................................
9
3.2 Managemen Resiko..................................................................
10
BAB IV
: PENUTUP
4.1. Kesimpulan ............................................................................. 11
BAB
I
MERENCANAKAN
KEBUTUHAN KEUANGAN
1.1.
Kebutuhan Keuangan
a. Biaya
Tetap
No. Keterangan Junlah Rp.
1.
Pembelian 2 unit
etalase 1.000.000
2.
Pembelian 3 unit rak pajang 1.200.000
3.
Pembelian papan reklame 300.000
4.
Pembelian meja pajang 300.000
5.
Pembelian meja kasir 300.000
6.
Pembelian barang
dagangan 6.000.000
b.
Biaya Operasional
No. Keterangan Jumlah Rp.
1.
Biaya sewa tempat 300.000
2.
Biaya transportasi 150.000
3.
Biaya keamanan dan
kebersihan 150.000
4.
Biaya promosi 200.000
5.
Biaya
listrik + telpon 100.000
+
Total 900.000
1.2. Lokasi
a.
Alamat Lengkap Usaha
Toko
“SINAR BARU” menyediakan aneka sepatu, beralamatkan di Jalan Ir. Sutami No. 40
Pasar Kronjo Rt. 006002 Kec. Kronjo Kab. Tangerang Telp. (021) 59390289
b.
Beberapa Alasan Memilih
Lokasi Usaha
1.
Lokasinya ramai dengan
konsumen karena bertempat di pasar kronjo sehingga memungkinkan untuk
memperoleh laba yang relatif besar,
2.
Lokasi usaha yang
dipilih sangat memungkinkan untuk mendapatkan pelanggan/konsumen yang lebih
banyak karena dekat dengan sarana pendidikan yaitu SDN 1 Kronjo dan SLTPN 1
Kronjo,
3.
Letaknya strategis
karena adanya transfortasi/angkutan umum yang beroperasi sampai malam hari.
1.3. Persaingan
a.
Harga
1.
Toko “SINAR BARU”
memberikan potongan harga sebesar 20% untuk pelanggan setianya,
2.
Setiap pembelian diatas
Rp. 150.000,00 untuk semua konsumen akan mendapatkan potongan sebesar 10%
3.
Setiap pembelian dua
pasang sepatu merek apa saja berhak mendapatkan sebuah kaos kaki,
4.
Segera dapatkan sepatu
khusus anak sekolah di serba Rp. 35.000,00
b.
Pelayanan
1.
Kecekatan dalam
melayani konsumen / pelanggan yang berbelanja di toko kami
2.
Memberi salam kepada
konsumen seperti mengucapkan ada yang bisa saya bantu
3.
Siap sedia membantu
mencarikan produk yang sesuai dengan keinginan konsumen
4.
Ramah, perhatian dan
bisa beriteraksi dengan para konsumen
5.
Dalam melayani konsumen
sangat baik, sopan dan tidak lupa mengucapkan terima kasih setelah selesai
melakukan transaksi jual beli.
c.
Kualitas
1.
Menata produk dengan
baik dan rapih agar konsumen mudah menemukan produk yang dibutuhkan
2.
Barang daganga yang
disediakan setiap hari dibersihkan agar kualitasnya tetap terjaga dengan baik
3.
Kualitas harga produk
yang terjangkau dan hemat
4.
Kenyamanan dan kepuasan
konsumen pada saat berbelanja di toko kami.
c.
Keistimewaan
1.
Apabila barang cacat /
rusak bisa ditukar kembali dengan membawa kwitansinya
2.
Memberikan kemudahan
dalam mencari produk yang diinginkan
3.
Menerima keluhan berupa
saran dan kritik dari para konsumen
4.
Menerima pesanan barang
baik secara langsung maupun lewat pesawat telpon
5.
Menjaga hubungan baik
dengan para konsumen / pelanggan dengan memberikan potongan harga.
1.4.
Pemasaran
a. Target
konsumen berdasarkan pendapatannya digolongkan :
1.
>0 s/d 250.000
2.
>250.000 s/d 500.000
3.
>500.000 s/d
1.000.000
4.
>1.500.000 s/d
3.000.000
5.
>3.000.000
b.
Target konsumen
berdasarkan usia digolongkan
1.
Balita < 5 th,
2.
Anak-anak 6 s/d 12 th,
3.
Remaja 13 s/d 19 th,
4.
Dewasa aktif/pasif 20
s/d 30 th,
5.
Dewasa mandiri 30 s/d
40 th,
6.
Dewasa mapan 41 s/d 50
th,
7.
Dewasa manula 51 th s/d
seterusnya
c.
Jenis kelamin
Untuk lebih menarik minat beli konsumen kami
menyediakan produk untuk pria dan wanita dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan
konsumen dan untuk memuaskan konsumen.
d.
Promosi
a.
Brosur
Dalam
memperkenalkan produknya toko “ SINAR BARU” menyebarkan brosur-brosur
keberbagai tempat diantaranya:
Ø Ditempel
pada transportasi / kendaraan-kendaraan umum umum
Ø Ditempel
di tempat yang mudah terlihat seperti pepohonan dan tiang-tiang listrik yang
berada di jalan raya
Ø Disebarkan
di kawasan / daerah yang padat penduduknya
Ø Ditempel
di tempat-tempat yang ramai seperti di pasar-pasar dan di tempat hiburan
Ø Disebarkan
kepada orang-orang yang lewat di depan toko kami
b.
Sapanduk
Ø Dipasang
didepan toko sipenjual
Ø Dipasang
disekitar pasar
Ø Dipasang
disetiap pertigaan jalan raya
Ø Ditempatkan
disekitar sarana pendidikan
Ø Ditempatkan
diatas pohon yang mudah terlihat oleh masyarakat umum
c.
Kartu nama
Ø Diberikan
kepada konsumen yang berbelanja ditoko kami
Ø Diberikan
kepada orang-orang yang lewat disekitar depan tokko
Ø Diberikan
kepada orang-orang terdekat
BAB
II
MEMULAI
2.1.
Perkiraan Pendapatan
a.
Perkiraan pendapatan
tertinggi perbulan
Ø Pembelian
barang dagangan Rp.
6.000.000
Ø Laba
yang diinginkan 25% X 6.000.000 =
1.500.000
Ø Biaya
operasional = 900.000 -
Ø Laba
kotor Rp. 600.000 +
Ø Total
pendapatan Rp.
6.600.000
b. Perkiraan
pendapatan menengah perbulan
Ø Pembelian
barang dagangan Rp. 4.000.000
Ø Laba
yang diinginkan 25% X 4.000.000 =
1.000.000
Ø Biaya
operasional = 900.000 -
Ø Laba
kotor Rp. 100.000
+
Ø Total
pendapatan Rp. 4.100.000
c. Perkiraan
pendapatan terendah perbulan
Ø Pembelian
barang dagangan Rp. 3.000.000
Ø Laba
yang diinginkan 25% X 3.000.000 = 850.000
Ø Biaya
operasoinal = 900.000 -
Ø Rugi Rp. (- 150.000)
+
Ø Total
pendapatan Rp. 2.850.000
BAB
III
MENGEMBANGKAN
3.1. Mengembangkan
Produk / Jasa
a.
Cara menangani keluhan
pelanggan
1.
Menyediakan kotak saran
/ keluhan bagi konsumen,
2.
Mendengarkan dan
menanggapi keluhan pelanggan, kemudian memberikan solusi yang terbaik,
3.
Memberikan pelayanan
yang lebih baik lagi agar konsumen tidak merasa kecewa,
4.
Meminta maaf dan
berusaha untuk memperbaiki jika ada kesalahan,
5.
Memperbaiki fasilitas
yang ada dan menyediakan fasilitas yang belum ada.
b.
Cara mendapatkan
pelanggan yang setia
1.
Melayani pembeli dengan
baik karena pembeli adalah raja,
2.
Memberikan souvenir
menarik kepada pelanggan di hari tertentu seperti di setiap hari raya,
3.
Dapat menjaga hubungan
baik dengan para pelanggan dengan memberikan pelayanan yang terbaik pada semua
konsumen,
4.
Dapat berkomunikasi
dengan para pelanggan,
5.
Menerima pesanan barang
baik secara langsung maupun lewat telepon.
c. Cara
menghadapi penurunan penjualan
1.
Mencari dan segera
menyediakan produk baru yang sedang digemari oleh para konsumen,
2.
Menurunkan harga jual
pada produk lama sebesar 20 %,
3. Melakukan
promosi secara menyeluruh,
3. 2.
Managemen Resiko
a.
Lima langkah penanganan
resiko
1.
Macam resiko : Pasar ( Fluktuasi harga )
2.
Skala resiko : Tinggi / sedang / rendah
3.
Metode resiko : Mengontrol
4.
Keputusan resiko : 30% / 20% / 10% dari keuntungan
5.
Mengulangi
1.
Macam resiko : Pasar ( sepinya pelanggan )
2.
Skala resiko : Tinggi / sedang / rendah
3.
Metode resiko : Mengontrol
4.
Keputusan resiko : Mempersiapkan biaya-biaya
operasional 3 bulan dimuka
v Biaya
Operasional
Ø Biaya
sewa tempat perbulan 300.000
Ø Biaya
transportasi 150.000
Ø Biaya
keamanan dan kebersihan 200.000
Ø Biaya
promosi 200.000
Ø Biaya
listrik + telpon perbulan 150.000 +
§ Total
1.000.000
Persiapan biaya operasional
3 bulan dimuka
Ã
Rp. 1.000.000 X 3 bulan = Rp. 3.000.000
5. Mengulangi
1.
Macam resiko : Murni ( bencana alam /
manusia )
2.
Skala resiko : Terjadi / tidak
3.
Metode resiko : Membiayai
4.
Keputusan resiko : Asuransi / tidak
5.
Mengulangi
3.3.
Managemen Asuransi
a. Asuransi
kesehatan
Ø Asuransi
kesehatan digunakan apabila mengalami gangguan kesehatan dan dapat dijadikan
sebagai jaminan apabila membutuhkan dana cash yang cukup besar
Ø Asuransi
kesehatan dapat digunakan sebagai jaminan apabila gangguan kesehatan cukup
serius dan harus dirawat inap di rumah sakit
b. Asuransi
kendaraan operasional
Ø Dapat
digunakan apabila terjadi kecelakaan
Ø Dapat
digunakan apabila terjadi pencurian
c. Asuransi
jiwa
Ø Asuransi
jiwa sangat penting dalam setiap usaha apabila terjadi kecelakaan dan
menyebabkan kematian
Ø Asuransi
jiwa dapat digunakan apabila sipemilik asuransi tersebut meninggal dunia.
BAB
IV
PENUTUP
Dari
uraian proposal yang penulis ajukan tersebut dan setelah penulis meneliti dan
memahami hasil kegiatan yang penulis lakukan, maka penulis dapat menarik
kesimpulan bahwa :
1.
Untuk membuka suatu
usaha perlu adanya pendanaan awal dan butuh investor untuk mengembangkan
usahanya
2.
Sebelum membuka usaha
seorang wirausaha harus dapat menyisihkan biaya operasional selama 3 bulan
dimuka untuk mengantisipasi kerugian seperti dibawah ini:
Ø Biaya
operasional X 3 bulan = Rp. 900.000 X 3 bulan = Rp. 2.700.000
3.
Usaha yang penulis
ajukan memiliki prosfek yang sangat bagus dan dapat menghasilkan laba sebesar
Rp. 600.000,- setiap bulannya, di mana nilai tersebut didapat dari :
a. Pembeliah
harga barang dagangan Rp.
6.000.000
b. Laba
25 % X 6.000.000 Rp. 1.500.000
c. Biaya
operasional Rp. 900.000
d. Total
keuntungan Rp. 600.000
e. Total
pendapatan Rp.
6.600.000
Dari
situ dapat kita lihat bahwa dalam membuka suatu usaha yang baik dan dapat
bersaing, kita harus mempunyai perencanaan yang cukup matang agar usaha
tersebut mampu berkembang dan dapat meningkatkan penjualan dan pendapatan.
Untuk
prospek jangka pendek penulis mentargetkan usaha ini akan memperoleh pelanggan
yang sebanyak-banyaknya dengan jumlah penghasilan sekitar Rp. 7.200.000
pertahun. Untuk prospek jangka menengah (3 tahun kedepan) penulis mentargetkan
laba kotor sekitar Rp. 40.000.000,- dan dari penghasilan tersebut modal yang di
keluarkan dapat ditutupi. Sedangkan untuk prospek jangka panjang (5 tahun
kedepan) diperkirakan dapat membuka cabang baru.
Akhir
kata semoga Allah SWT melimpahkan karunia dan membalas budi baik semua pihak
yang terlibat dalam penyusunan proposal ini.Semoga proposal ini dapat
bermanfaat bagi investor yang berminat khususnya dan masyarakat pembaca pada
umumnya. Amiin
Tidak ada komentar:
Posting Komentar